Kerennya Kerajaan Majapahit di Age of Empires II

Beberapa waktu lalu, kita digemparkan oleh beberapa pihak yang menyebut diri mereka sebagai raja baru di tanah air. Bukan hanya itu saja, mereka bahkan membuat kelompok yang diidentikan sebagai kerajaan penerus Kerajaan Majapahit yang pernah ada dulu.

Segitunya ya, suka sama kerajaan itu...
eits... tunggu dulu Kerajaan Majapahit emang keren kok, nggak  kalah sama kerajaan-kerajaan lain. Buktinya apa?  Let's Check this out!

ageofempires.fandom
Yups, betul inilah tampilan dari sebuah game yang telah rilis tahun 2013 (atau diperbarui) Age of Empires II HD. 

Game ini sebagai versi lebih wah-nya yang rilis lebih dulu pada tahun 1999.

mengusung tema kerajaan game ini menjadi pelopor kedigdayaan game Real-Time Strategy pada masa itu. khususnya pada versi ke II dari Age of Empires.

Menurut serinya, game ini memiliki timeline yang berurutan yakni, Age of Empires yang memiliki timeline ketika Bangsa Roma berkuasa, 

Age of Empires II memiliki timeline ketika abad pertengahan, dan Age of Empires III ketika bangsa-bangsa eropa mulai membuat koloni di luar Eropa.

Yak, dalam postingan ini penulis ingin menjelaskan tentang Age of Empires II, di AoE II ini terdapat 13 bangsa yang terkenal, yakni Britania, Celt, Franks, Goth, Teuton, Vikings, Byzantium, Persia, Saracen, Turki, China, Jepang, dan Mongol.

Itupun terdapat beberapa cerita yang ada dalam mode campaign. Nama-nama besar ada dalam game ini, seperti Joan of Arc, Salahuddin bin Ayyubi (Saladdin) bahkan Genghis Khan.

Dalam ekspansi yang kedua dari game ini The Conquerors, terdapat negara tambahan, yakni Spanyol, Aztec, Mayan, Huns, dan Korea. Tentunya ada juga tokoh-tokoh besar yang dipamerkan dalam game ini, seperti El Cid.

Kembali dengan topik kerajaan,
kenapa saya memberikan pengistilahan kerajaan di bagian ini? karena dalam pembagian dalam game ini kalimat "Raja" adalah pengidentikan wilayah Asia Tenggara berkuasa.


Kalimat ini merupakan penyerapan kata Rajah dalam bahasa Sansekerta. Kalimat ini merujuk pada penguasa di kawasan Asia Tenggara dan subbenua india.



The Rise of Rajas, merupakan ekspansi terbaru dari game Age of Empires II HD. AoE HD II ini dapat kalian dapatkan di Steam dengan harga Rp. 135,999,-. Untuk mendapatkan DLC The Rise of Rajas kalian harus membeli lagi di steam yang harganya jauh lebih murah yakni, Rp. 89.999,-.

Game ini berisi empat bangsa terkuat yang pada masanya, seperti Burma, Vietnam, Khmer dan Melayu (Malay).

rajinlah.id
Tunggu, kenapa Melayu? dalam penuturan bahasa inggris Malay  yang disebut disini adalah ras melayu. 

Yang dimaksudkan sebagai ras yang mendiami beberapa daerah di kawasan Asia Tenggara seperti, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Indonesia.

Pengambilan nama ini, mungkin dimaksudkan sebagai kerajaan yang diusung dalam game ini Kerajaan Majapahit telah mengekspansi negaranya dibeberapa daerah di Nusantara.

Oke, mari kita fokuskan artikel ini ke bangsa Malay. dalam game ini Bangsa Melayu (Malay) dijabarkan sebagai bangsa maritim yang kuat. Sehingga untuk memainkan bangsa ini dibutuhkan tempat perairan untuk mengakomodasi kekuatan yang dimiliki bangsa ini.

Dalam game ini muncul beberapa tokoh dan beberapa hal identik Majapahit pada masa itu. 

Beberapa hal identik tersebut ialah, pasukan karambit, Candi Kalasan (Daerah Istimewa Yogyakarta) sebagai Wonder (Keajaiban dunianya).

Dalam Campaign kalian akan disuguhkan bagaimana Gajah Mada membangun Majapahit sebagai negeri yang kuat dan luas.

Mengusir tentara Mongol hingga penaklukan penyerengan Kerajaan Sriwijaya. Tidak lupa juga, sebagaimana sulitnya penaklukan misi terakhir pada Perang Bubat.

Melalui beberapa serangan darat hingga perairan, tetap tidak mempan. Di setiap daerah kalian akan menemukan banyak musuh (bandit) disetiap sisi.

belum lagi, dengan serangan pada awal game terakhir ini. membutuhkan timing yang tepat untuk lari dari serangan bandit di perairan, setelah masuk ke bagian klimak kalian akan dikejutkan dengan serangan melalui air. banyak tower penjaga disana hingga kapal-kapal yang siap membunuh pasukanmu.

Sebuah labirin kota membawamu kesana-kemari dengan rasa bingung dimana jalan tempat target bermuara.

setelah membuka jalan kalian ditemukan dengan Pasukan Kerajaan Sunda yang kuat bukan main. Sekali tebas satu unit akan hilang, sebuah gajah pun akan tumbang dengan cepat.

belum lagi ada banyak sekali Pasukan Kerajaan Sunda yang ada disisi pangeran Sunda tersebut.

Jadi, bagaimana? tertarik membuat kerajaan di dalam game ini? tenang aja, spec komputer nggak terlalu besar juga, cuma kecil-kecilan laptop murah bisa mainin. Kalo nggak percaya, penulis ketik specnya dibawah sini,

Minimum OS : Windows Vista, 7, 8 Pro+
Processor : 1,2 Ghz
Memory : 1 GB RAM
Graphic : DirectX 9.0c Capable GPU
HardDrive: 2GB HDD Space
Recommended Display Resolution : 900x600 minimum display resolution

Gimana, tambah pengen kan? kalo belum puas sama bahasan diatas penulis bakal posting kekuatan Bangsa Melayu di postingan selanjutnya, ya!

Sumber :
Wikipedia.com
wiki.fandom (ageofempires.fandom.com)
store.steampowered.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Makna Lirik, The World is Ugly - My Chemical Romance

Istilah atau Jargon dalam Bola Voli

Apa Bedanya Proliga sama Livoli?