Hebatnya orang melayu di Age of Empires II


Gimana nih, abis kemarin penulis jelasin tentang hebatnya Majapahit di Age of Empires II HD, masih bilang nggak mau main game ini?

Hah? Masih kurang hebat?, sabar penulis juga mau bahas secara detail kekuatan bangsa melayu (Malay) di game ini.

Pertama ingat!

Yang kita mainin itu negara maritim, artinya kekuatan bangsa melayu ini tepat pada perairan yang ada pada peta. Karena sudah bukan rahasia umum lagi bagi game ini, jika terdapat beberapa hal menguntungkan jika kita berfokus pada keuntungan maritim kita.

Seperti yang tertera pada “tech tree.”, sebagai bangsa melayu kalian dapat keuntungan diskonan biaya kapal nelayan (Fishing Ship) dan perangkap ikan (Fish Traps) sebanyak 33%.

Jadi, keuntungan pasokan pangan bisa lebih cepat dapatnya ketimbang mengambil ikan dari jauh ke tengah samudera.

Keuntungan ini juga diikuti dengan “unique tech,” thalassocracy, yang membuat pelabuhan (Dock) menjadi (habour), yang artinya pelabuhan dapat memiliki daya serang.

Walau daya serang ini masih tidak seberapa dengan tower, tapi ini menjadi sangat berguna jika kita tidak memiliki pasokan batu (stone) saat dalam posisi terjepit ketika menggunakannya.

Dalam menggunakan bangsa melayu (Malay) di game ini, juga memiliki keuntungan yakni percepatan pergantian zaman/Age. Di dalam game terdapat empat masa yang bisa kalian lalui.

Pertama Dark Age, adalah masa-masa awal permainan, kedua Feudal Age masa feodal yang dapat mengaktifkan fungsi perangkap ikan Fish Traps,

ketiga castle Age dimana masa kalian dapat membuat Castle dan mengupgrade pelabuhan (Dock) 
kamu menjadi Harbour, dan keempat Imperial Age masa imperium yakni masa paling akhir (artinya semua tech tree sudah dapat dijajal).

Keuntungan yang terbuka di zaman Imperial Age bangsa Melayu ini adalah terbukanya Forced Levy yang ada di Castle. Research ini berguna untuk menghilangkan ongkos gold pada Infantry di Barrack.

Keunggulan dari bangsa ini juga terdapat pemotongan ongkos gajah perang (Battle Elephant) sebanyak 20%. Keunggulan lain dari bangsa ini, adalah bonus tim yang membuat pelabuhan (Dock/Harbour) lebih luas cakupan pengawasannya.

nb: sebenernya masih ada satu kelebihan lagi, yaitu pasokan fish traps yang unlimited tapi itu telah hilang setelah memproses update patch 5.8 dari sononya, jadi nggak penulis bahas disini.

Kok gue masih ampas sih?!

Tenang, penulis masih punya cara-cara buat naklukin game ini.  Pertama, hal yang paling penting dalam membuat negara adalah ekonomi yang kuat.

Oleh karena itu, yang paling pertama kalian harus buat para penduduk/villagers mengumpulkan bahan makanan (dari sheep,turkey, buffalo, bushes, dll), dan kayu, secara berurutan!

Tapi, sebelum itu buat tiga rumah dan klik tombol research loom dibawah tombol membuat villagers.
Lalu, mulai kumpulkan domba/turkey/kerbau hingga habis dengan seluruh villagers yang kamu buat (min. 12) dan sisanya menebang kayu.



Terserah kalian mau bikin villagers sebanyak apapun, yang penting penebang kayu harus yang paling banyak daripada profesi villagers lain untuk membantu pembangunan. Lalu, jangan lupa rumah bagi Villagers.

Jika kalian kehabisan ternak, gunakan pencari makanan tersebut untuk membuat Mill didekat forage bush hingga habis dan buatlah farm disamping Mill dan Town Hall.

Gunakan 2 sisa atau dua orang dari penebang kayu untuk membangun barrack, market (feudal age), dan Blacksmith (feudal age). Nah, yang ini masuk di feudal age.

Langsung jangan lupa buat pelabuhan/dock, buat minimal 5 kapal dengan masing-masing 5 fish traps di dekat dock agar aman.


Buat beberapa villagers lagi untuk menambang emas dan batu/stone serta mining stone untuk mempermudah penambang mengambil hasil tambangnya.

Gunakan sebagian resource-mu untuk merekrut pasukan di Barrack, Archery Range, dan Stable. Lalu, langsung masuk ke Castle Age.



Pada masa ini, langsung kalian jor-joran buat research sebanyak-banyaknya. Jangan lupa pembangunan seperti Monastery, University dan Castle untuk melanjutkan ke Imperial Age.

Dan pada masa terakhir langsung serang musuh nggak pake ampun!




Sumber :
ageofempires.fandom.com
ageofempires.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Makna Lirik, The World is Ugly - My Chemical Romance

Istilah atau Jargon dalam Bola Voli

Apa Bedanya Proliga sama Livoli?