Jadi Middle Blocker, ngapain aja?



Akhirnya, kita sudah mencapai posisi yang paling depan dan hampir selalu di depan. Posisi yang diidentikkan sebagai Vanguard ini sangat lihai dalam melakukan blocking di dunia voli. Betul, inilah Middle Blocker.

Posisi ini adalah posisi yang paling menguras tenaga menurut penulis. Kenapa?, karena dalam posisi ini kalian akan dituntut melakukan blok yang sangat sering, quick yang juga secara tiba-tiba dan lain sebagainya, jadi apa saja yang dilakukan Middle Blocker. Kita lanjutkan di bawah ini,

Apa yang dilakukannya?,

  • Berdiri disisi lain net tepat di depan setter lawan,
  • Menemukan spiker lawan,
  • Perhatikan spiker lawan,
  • Membaca gerak-gerik setter,
  • Pindah ke beberapa sisi untuk melakukan block,
  • Jika block berhasil,

sifat seorang Middle Blocker,

  • Tinggi,
  • Kecepatan,
  • Ketahanan,
  • Skill block,
  • Lihai membaca pergerakan lawan,

Pergerakan dari awal hingga,

Awalan,

Melakukan persiapan dengan berdiri di depan setter tepatnya di samping net, setelah servis dilakukan tentukan spiker yang akan menspike bola dan ajak pemain diposisi lain untuk membantu kalian dalam melakukan blocking

dipertengahan,

Ketika bola sudah diservis, perhatikan spiker lawan selanjutnya langsung ke setter. Baca kemanakah bola akan digulirkan. Seorang Middle Blocker harus siap siaga dalam melakukan blocking walau dari spike lawan atau tipuan dari setter.

dalam setiap set Middle Blocker selalu memiliki tugas untuk menjaga jarak dengan setter, guna mengantisipasi dump yang dilakukan setter lawan.

Tips : jika bola toss tidak digunakan oleh setter, biasanya mereka akan menggunakan sisi luar atau belakang untuk melakukan umpan. Dari sini juga, para Middle Blocker sangat leluasa melaju ke sisi spiker yang melakukan spike tersebut.

Sebelum servis,

Jika kamu mendapat sentuhan pertama ketika lawan menservis bola. Ikutilah instruksi setter-mu lari ke posisi yang telah ditentukan sesuai dengan permainan yang diinginkannya.

Ketika permainan berlangsung,

Sebagai Mid-Blocker kalian mungkin tidak akan sesering pemain lain untuk melakukan pass atau receive. Namun, dalam beberapa kasus kalian diwajibkan untuk melakukan toss untuk menggantikan Setter ketika ia secara kebetulan menyentuh sentuhan pertama atau Setter tidak mampu mencapai bola.

FYI, ketika kamu berhasil memblok bola dan bola memantul ke area permainan kalian, kamu harus mundur ke garis 3 meter yang ada di tengah sisi permainan kalian. Ini memudahkan kalian melakukan quick.



Sumber :
liveabout.com
medium.com
volleyballadvisors.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Makna Lirik, The World is Ugly - My Chemical Romance

Istilah atau Jargon dalam Bola Voli

Apa Bedanya Proliga sama Livoli?