Kenalan yuk sama, Orangestar Produser Vocaloid Pemilik Musim Panas

 

Waah... ||ヽ(* ̄▽ ̄*)ノudah lama banget Suarapi ngga bahas-bahas lagi soal daftar musik.

Kali ini penulis bakal bahas lagi soal pencipta musik yang sebenernya cukup terkenal tapi sekarang mungkin jarang didengar.

Dia merupakan musisi yang bergelut diindustri vocaloid, yang mana kebanyakan dari lagu buatannya sering menggunakan vocaloid sebagai lead vocal.

Kali ini penulis bakal bahas-bahas produser vocaloid yang sering diibaratkan sebagai musim panas-nya produser vocaloid Jepang. Siapa dia? Ya, tentu dialah, Orangestar.

Biography

MikanseiP atau sering kita dengar sebagai Orangestar. Merupakan seorang produser vocaloid yang aktif pada tahun 2015 hingga sekarang. 

Sempat hiatus ditahun 2017, dirinya kembali dari tugas misionaris dan lanjut bermusik pada tahun 2020.

Orangestar atau MikanseiP lahir pada, 20 Agustus 1997 di Miyagi, Jepang.

Terlahir sebagai anak dari penganut mormonisme yang membuat dirinya lekat dengan instrumen piano dan juga diperkenalkan oleh ayahnya sejak dini.

Jujur saja, ternyata dia tidak terlalu menyukai hal tersebut walaupun hal itu masih berlanjut hingga dia lulus sekolah setara SMP.

Masuk SMA MikanseiP (Orangestar) diperkenalkan oleh temannya dengan dunia Vocaloid.

Setelah mendengar soal lagu-lagu buatan 40mP dan DECO*27, Orangestar berpikir untuk membuat sendiri lagu miliknya.

Dengan lagu pertamanya yang mengudara di Niconico dengan judul "Noraboku." dengan suara vocaloid IA, vocaloid yang pertama dia beli.

Menurut perkataannya pada laman Realsound.jp, Orangestar lebih sering menggunakan IA sebagai lead vocal karena memiliki suara yang clear dan mudah untuk mengaplikasikan emosi didalamnya.

Ngomong-ngomong, sejauh yang penulis ingat Orangestar juga sering menggunakan efek Synthenizers  dan piano untuk aransemen lagunya, eh bener kan?

Untuk membicarakan bagaimana karya-karya miliknya, bisa dibilang bahwa lagunya memiliki nuansa musim panas yang membuat rindu.

Liriknya penuh makna, dan musiknya selalu dirasa tepat untuk menggambarkan sebuah musim panas yang enerjik dan khas negeri Jepang. Inilah yang sering diungkit dan dibanggakan oleh para penggemarnya bahwa lagu Orangestar itu bikin kangen sama musim panas.

FYI, sewaktu kepindahan dirinya dari Jepang ke Amerika Serikat membuat dia sadar tentang musim panas di Jepang.

Hal inilah yang mempengaruhi lagu-lagu yang ia bawakan ketika membawa lagu milik Orangestar.

Dan mari kembali...

Diantara lagu-lagu tersebut mungkin lebih pantas membicarakan tentang lagu "Asu no Yozora Shoukaihan."

Sempat nge-hits di Jepang ditahun 2014. Orangestar pun mengunggahnya dikanal Youtube-nya dengan judul yang sama.

Lagu ini benar-benar seperti earworm bagi pendengarnya.

Semuanya pas, ngga ada yang kurang disetiap bait apalagi bagian chorusnya. Ibarat sungai lagu ini ngalir. Beat dari lagu ini juga asik, pemilihan tempo dari awal ke akhir juga dikemas menarik.

Liriknya juga mantap, diartiin gimanapun juga bisa. Bisa dibilang kalo lirik buat lagu "Asu no Yozora Shoukaikan." buatan Orangestar ini emang penuh dengan makna tapi, emang mudah dicerna.

Seolah-olah lagu ini memang harapan dan perkataan polos seorang pemuda yang mendambakan masa depan yang cerah, tanpa ada halangan, kesepian maupun cobaan. Wuasek!

Inilah lagu yang menurut penulis paling berkesan sepanjang mendengar lagu-lagu Orangestar.

Yang tak berselang lama, ditahun 2015 MikanseiP nge-gas dengan album pertama bernama "Unfinished Eight Beats."

Album ini dia luncurkan pada saat dia berumur 17 tahun. Bahkan album ini masuk daftar Oricon's weekly chart ke-45 di Jepang.

Dan Terakhir kali, Orangestar mengunggah lagu berjudul "Encounter." pada, 16 Februari lalu.

Sebuah lagu dari proyek Voltage 18 Types/Songs. Dimana sebuah kolaborasi dari Hatsune Miku (sebagai Vocaloid) dan Pokemon.

sumber: X/twitter (@mikanseiP)
Juga! ditahun ini (2024) Orangestar mengadakan Oneman Live Tour untuk album terbarunya "And So Henceforth."

Tur ini diadakan di Aichi, Osaka, dan Tokyo. Dimulai pada, 28 Juni hingga 19 Juli 2024. Kabar ini diunggah diakun X/twitter miliknya pada, 24 April, lalu.



Fun Fact

  • MikanseiP ketika kecil, merupakan anak pendiam yang sulit untuk mengungkapkan perasaannya. Namun, semenjak dia membaca buku ketika SMP dia mulai keluar dari zona nyamannya.
  • MikanseiP juga pernah bermain voli ketika masa-masa sekolahnya.
  • Ketimbang bermain piano, MikanseiP, lebih suka menggambar.
  • Orangestar sering menggunakan jasa M.B. untuk ilustrasi lagu milikinya.
  • Pertemuan pertama Orangestar dan M.B. adalah saat libur musim panas setelah dia diperkenalkan saudara laki-laki M.B. yang juga ditahun pertama MikanseiP terjun diindustri musik.
  • sumber: animate.shop
    MikanseiP/Orangestar telah menikah dengan seorang utaite/ilustrator bernama Kase. Berita ini diunggah setelah MikanseiP memposting pernikahannya diakun twitter miliknya.
  • Bersama Kase, Orangestar telah membuat 1 album bersama yang berjudul "Light in the Distance." dan 1 lagu untuk web movie "Natsu ga Hajimaru." berjudul "Surges."

Harus Kalian Dengar!

"DAYBREAK FRONTLINE." (feat. IA)

Merupakan salah satu lagu andalan dari Orangestar selain lagu "Asu no Yozora Shoukaikan." lagu ini juga sudah mencapai 53 juta penonton di Youtube.

"Surges." (feat. Kase & Loin)

Dalam lagu ini Orangestar mendapatkan kolaborasi bersama a Calorimate. Disini Orangestar mengajak Kase dan Loin dalam proyek lagu ini.

"Henceforth." (feat. IA)

Lagu utama dari album barunya, and So Henceforth. Lagu ini benar-benar menggambarkan kembalinya Orangestar di industri musik.

Most Underrated Song!

"Uz." (feat. IA)

Lagu paling Underrated  yang pertama adalah Uz. Kek biasanya beat nadanya bagus, muter-muter kek judul lagunya :v

"Synchonizer." (feat. Hatsune Miku)

Kali ini Orangestar menonjolkan suara dari gitar tidak seperti biasanya. Hasilnya bagus banget lagi, setuju ngga?

"Kuusou Ressha." (feat. IA & Hatsune Miku)

Lagu kedua setelah Asu no Yozora Shoukaikan yang penulis dengarkan. Lagu ini menonjolkan teknik gitar yang enerjik, identitas dari Orangestar yang lagunya memberi semangat disetiap lagunya.

Tapi jujur! masih banyak banget lagu yang harus kalian dengerin >︿< semua lagu yang dibikin Orangestar keren-keren, ngga kalah sama produser vocaloid lain...

btw, kalo menurut kalian lagu apa yang paling underrate buatan Orangestar. Yuk, komentar dimari!


Sumber:
Realsound.jp
tokyojapantemple.jp
Oricon News
vocaloid.fandom
anilist
animate.shop
@mikanseiP (X/Twitter)
Orangestar (Youtube)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Makna Lirik, The World is Ugly - My Chemical Romance

Istilah atau Jargon dalam Bola Voli

Apa Bedanya Proliga sama Livoli?