Rock, Emosi dan Yorushika






Hey semua pembaca, selamat datang diartikel yang saya muat di blog saya ________ . Ini adalah artikel pertama dari [Daftar Musikku], disini saya akan membahas tentang musisi dan lagu yang saya tahu di blog ini, walau penulisnya sendiri gak faham tentang musik.

Meragukan?!, tenang bukan berarti saya tidak tau apa-apa, pokoknya cek aja nih blog dan nilai sesuai apa yang kamu mau. Kalo bisa ya cek lagi, oke?.

Oke, di artikel pertama ini saya akan membahas tentang Yorushika. Wow, Yorushika? Eh, banyak yang pada gak kenal? Tenang saja guys, Yorushika sendiri terbilang baru ditelinga orang Indonesia, mengingat mereka bukan dari Indonesia dan juga lagu-lagunya kurang ngehits kalo di Indonesia.
Agan  : Min kok gak bahas dari Indonesia, sih?
Mimin : Tenang gan, nanti pasti ada kok, walau mungkin banyak yang jejepangan. Mimin is wibu?

Kembali ke topik. Yorushika (ヨルシカ) adalah sebuah band yang memiliki genre musik rock dan j-pop yang kental dengan memiliki 2 anggota inti (n-buna dan suis) dan 3 anggota tambahan (Shitatsuru Mitsuyasu, Kitanitatsuya, Masack (Massac), Hirabata Tetsuya- Hachichan).

Namanya n-buna atau bisa dibaca (nabuna), dia sering membuat lagu yang nge-hits sebelum terkenalnya Yorushika ini, guys. Contoh saja “Yoake Hotaru.”, "Mairieux.", "Toumei Elegy.", "Umiyuri Kaiteitan.", dan "Sayonara to Kafka."

(Mengutip dari Bloodletterpress.com), n-buna membuat debutnya ditahun 2012 dan mendapatkan peringkat ke satu dalam kategori lagu vocaloid di situs NicoNico Douga (situs Youtubenya orang jepang) dengan nama VocaloP.

“Yoake Hotaru.” Adalah sebuah lagu yang sangat kalem dan dalam maknanya. Lagu ini menceritakan seseorang yang memendam rasa perih dihatinya setelah kehilangan tujuan hidupnya, guys.─Ya, itu cuma dugaan dari penulis─.

Tidak hanya itu, genjrengan gitar dari band Yorushika ini membuat lagu terasa lebih menarik untuk didengar dan membuat telinga kita terasa ingin mendengar dan mendengarnya lagi.

Mungkin setelah mendengar lagu dari Yorushika kalian akan merasa, ini pasti bukan lagi lagu rock atau j-pop ini Yorushika, genre Yorushika!. Karena saking unik dan indahnya nada yang mereka buat.

Bukan hanya n-buna saja yang berada pada Badan Yorushika, melainkan ada juga beberapa nama seperti Suis, Shitatsuru Mitsuyasu, Kitanitatsuya, Masack (Massac), Hirabata Tetsuya- Hachichan. 

Memang tiga nama dari keempat nama tersebut hanya muncul beberapa kali di lagu-lagu Yorushika, namun ada yang  membuat saya tertarik, yakni Suis.

Dia adalah penyanyi utama Yorushika untuk saat ini, dengan suara yang lembut dia membaurkan suaranya dengan kelembutan suara. Seperti kembang gula kapas yang meleleh dimulut, menyihir para fans untuk mendengarnya lagi dan lagi.


Natsuka ga Jyama wo Suru
Yorushika saat ini berada dalam naungan studio U&R Records yang merupakan anak perusahaan KADOKAWA co.ltd. Mereka melakukan debutnya dengan sebuah mini album yang bernama “Natsukusa ga Jyama wo Suru.”

dalam mini-album ini terdapat 7 lagu, dengan lagu andalannya itte. Lagu itte. sendiri sudah memiliki 4 juta lebih penonton yang ada di Youtube. Dengan 365 ribu likes dari berbagai pengguna.

Lagu Yorushika memiliki beat yang catchy bagi pendengarnya, serasa kamu pasti pengen denger lagi dan lagi, seperti apa yang aku bilang tadi.

Bukan hanya itu, setiap nadanya pasti seperti dipersiapkan dengan baik oleh n-buna untuk bisa memanjakan pendengar yang mendengarkan lagunya.

Makeinu ni Encore wa Iranai
Walau itu dari lagu atau dari suara dari Suis sangat serasi satu sama lain. Apalagi setelah kalian mendengarkan salah satu mini albumnya dengan lagu andalan “Makeinu ni Encore wa Iranai.”

Album  yang dibuka dengan intro yang menarik dan dilanjutkan lagu yang sangat unik yaitu "Makeinu ni Encore wa Iranai." membuat lagu ini memiliki jiwa rock yang sangat besar.

n-buna sangat memperhatikan ketepatan lagu dari Album Yorushika ini. Setelah diperdengarkan "Makeinu ni Encore wa Iranai." kalian akan dibawa ke lagu "Hitchcock." yang sedikit lembut.

Memasuki lagu ke 7 terdapat "Jyun Tomei Shonen." yang mulai mengangkat tempo dengan lembut. Turun ke 8 ada "Tada Kimi ni Hare." yang sedikit santai untuk sebuah lagu yang berada sebelumnya. 

Lalu, diiakhiri dengan Tomin yang tidak kalah santainya dengan lagu sebelumnya. Ditutup dengan "Natsu, Bus Tei, Kimi wo Matsu." solo piano dari Yorushika seperti di Intro mereka yaitu "Zense."

Lagu yang indah dengan pendekatan yang tepat terhadap pendengar itulah Yorushika, membuatmu bergetar dan mendengarkan lagu mereka lagi dan lagi dengan genre rock dan suara dari suis yang lembut.

Kokoro ni Ana ga Aita
Lagu yang paling baru dari Yorushika (sejak artikel ini ditulis) adalah Kokoro ni Ana ga Aita (Hole in the Heart) atau Lubang di Hati. Lirik dari lagu ini sangat menyayat hati.

Lagu ini menceritakan seorang perempuan yang menunggu seseorang yang tidak dan tak akan pernah datang dan itulah yang membuat hatinya sakit yang dilambangkan hatinya telah berlubang karenanya.

Engkau Hidup jauh dalam hatiku
Aku memegang teguh perkataanmu
Namun bukan seperti itu
Aku tak pernah ingin mendengar ucapan selamat tinggal darimu
Hal yang ingin kulupakan terlalu banyak
Mulai sekarang ku hidup menua sendiri
Rasanya dingin, sangat dingin


Cerita dari lagu "Hole in the Heart." sendiri lanjutan dari lagu "Ai nijou" dan dilanjutkan dalam album yang berjudul "Dakara Boku wa Ongaku wo Yameta."

Dalam album itu sendiri menceritakan Amy (seorang laki-laki) yang mendambakan, Elma perempuan yang ada dalam "Hole in the Heart."

Dalam video musik “Ai Nijou.” Diperlihatkan seorang lelaki dewasa yang ingin menuliskan sebuah pesan tentangnya untuk Elma, namun itu semua telah terlambat karena lambat laun perasaannya memudar dengan waktu yang berlalu.

Dalam “Dakara Boku wa Ongaku o Yameta.” Sendiri diperlihatkan seorang lelaki yang berada dalam “Ai Nijou.” Meninggalkan seorang cewek yang mungkin, Amy. Mengisyaratkan sebuah perjumpaan terakhir terhadap Amy, sebagai lagu tentang hidupnya.
Dakara Boku wa Ongaku wo Yameta

  Nada dari album dan single yang baru Yorushika ini sangat identik satu sama lain, ini mengindikasikan album yang baru yaitu, Elma (karakter perempuan dalam lagu Hole in the Heart) adalah lanjutan dari album sebelumnya. Album selanjutnya diperkirakan akan dirilis pada bulan Agustus mendatang. Terdapat 14 lagu didalamnya termasuk, Hole in the Heart.


Barisan penggemar Yorushika juga memiliki nama, walaupun tidak resmi penggemar mereka memiliki nama [Kotai] atau jika diartikan menjadi seseorang/individu. Hal ini tidak lepas dari pembicaraan Suis dengan penggemarnya yang mendiskusikan nama komunitas penggemar Yorushika.

"Setiap orang adalah individu (pribadi) karena ... setiap orang indah seperti," kata suis dalam percakapan.

Oke kita berada diakhir artikel saatnya memberi kalian album-album mereka dan beberapa lagu rekomendasinya.







Komentar

  1. Makasi bro pembahasan nya saya sangat senang sekali akhirnya ada yg ngebahas ini band.. Saya uda ngoleksi album sama mini albumnya..
    Saya dari dulu penasaran kenapa elma selalu muncul dalam lirik lagu yorushika terlebih lagi hampir semua lirik nya sedih semua kalo saya liat terjemahan nya.. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih karena rasa penasaran saya terbayar kan.. Tadi sejam lalu yorushika liris video lagu baru nya untuk album elma asli keren banget judulnya naulitis.. Btw albumnya keluar tgl 29 bulan ini.. Saya harap kedepan ada grup band yang satu inj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih @Enda dc atas komentarnya. Yorushika memang grup band jepang yang sangat bagus bagi saya, tidak terlepas dari lagu barunya. pokoknya saya berharap mereka terus berkarya seperti saat ini dan semoga juga mereka datang ke Indonesia suatu hari nanti.

      Hapus
    2. kalau mau dengerin semua lagu Yorushika yang lengkap dimana ya?

      Hapus
    3. @Unknown coba cari di spotify dengan kata kunci n-buna...

      Hapus
  2. Habis degerin lagu Nautilus yang baru terus balik dengerin Kokoro ni Ana ga Aita, asli jadi makin kerasa ceritanya. Unik juga nih konsep story telling lewat musik gini, tiap lagu jadi ada hubungan dengan lagu yang lain. Mau diurut atau diacak dengerinnya, mau dari sudut pandang Amy atau Elma, malah bikin makin suka ama tiap lagunya.

    BalasHapus
  3. Yorushika di websitenya cuma nyantumin 1 vocalis (Suis)
    Tapi kok dibeberapa lagu ada yang vocalnya nggak mirip suaranya Suis?
    Itu suara suis ato orang lain, semisal n-buna sendiri gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih, n-buna membedakan identitasnya sebagai n-buna dan yorushika, jika didalam yorushika dia selalu memakai suis (vokalis utama), sedangkan sebagai n-buna sendiri dia sering memakai vocaloid dan penyanyi lain seperti Sarah Furukawa.

      Hapus
    2. Suara nya suis tuh bikin merinding, sesuai dengan emosi lagunya, suaranya bisa berubah.
      Setiap lagu di Yorushika itu suara suis. Misal di kisahnya Amy-Elma, suara suis beda sesuai dengan lagunya, yang kadang lebih rock dan lebih adem. Ini juga ngaruh ke ceritanya.

      Hapus
  4. Saya tertarik banget sama lagu Tada Kimi ni Hare, cari2 sosoknya seperti apa band ini tapi belum ketemu. Penasaran, misterius. :D

    BalasHapus
  5. Pertama kali denger Hitchcock wkt sma , liriknya dalem ngena bgt musiknya bagus suaranya ga kayak penyanyi cwek jepang yg lain trus kepo ama bandnya dan ampe skrg masih suka semua lagunya, semua albumnya bneran berkualitas. Yorushika emng keren bgt

    BalasHapus
  6. Akhirnya ada yg bahas beginian, jarang loh org bahas lagu Yorushika�� SEMANGAT TERUS NGE-BLOGnya(^∇^)οΎ‰

    BalasHapus
  7. Senang bet ad artikel yang bahas Yorushika, lanjut lagi min , semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih @Ankou44 telah membaca artikel penulis. Untuk artikel selanjutnya bisa dicari kok di beranda, hehe...

      Hapus
  8. Artikel yang bagus
    Lanjut
    Bahas tentang yorushika mim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, langsung cek aja berita tentang Yorushika-nya!

      Hapus
  9. Aku cinta sekali dengan Yorushika! ^^

    BalasHapus
  10. Broh gw baru baca ini di tahun 2021.. apakah penulis nya masih aktif nulis blog.. terima kasih bgt atas tulisan ini.. gw jadi makin penasaran sama yorushika ini.. gw suka bgt dgn lagu2 di yorushika ini, suara suis yg indah bgt. juga liriknya yg menyentuh bgt sih bagi gw.

    gw berharap pak penulis bisa terus nulis artikel lagi ttg yorushika.. hihi,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banget @hilalneet atas komentarnya, jujur pada kali ini "suarapi" sedang berhenti sejenak karena masalah teknis, (yep lepinya rusak πŸ—Ώ)

      Tapi... "suarapi" bakal kembali lagi tentunya dengan pembahasan bertopik yang tak jauh beda dengan ini jadi tunggu ya πŸ‘

      ~ Admaranti

      Hapus
    2. Siaaappp.. Ditunggu comeback nulisnya pak..

      Hapus
    3. GWS juga buat leptopnya.. semoga cepet sembuh ya hhi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Makna Lirik, The World is Ugly - My Chemical Romance

Istilah atau Jargon dalam Bola Voli

Apa Bedanya Proliga sama Livoli?